Jumat, 17 Februari 2012

BEHIND THESE GOODBYES


Haaaaiiii….. selamat dini hariiii…! *berhubung post ini diketik jam 1 pagi, di sela-sela menyaksikan match Ajax Amsterdam vs Manchester United :D
Ide cerita post kali ini tercetus pas gue dinner bareng temen kantor, Septi, dan ex temen kantor, Agung tadi malem. Intinya yah temu kangen sama Agung, yang sekarang udah kerja di salah satu TV swasta dengan jadwal kerja shift, membuat kami tidak bisa sering ketemu. Bahkan ini pertemuan pertama kami dengan Agung setelah dia resign dari kantor tempat gue kerja 2 bulan lalu, saking sulitnya bertemu dia.
Gue mengenang saat Agung resigned. Gue orang yang sangat sensitif jika berhubungan dengan perpisahan, apalagi berpisah dengan teman atau sahabat. Dan ketika Agung (dan beberapa temen gue lain sebelum dan setelah dia) resigned, gue menjadi down di kantor. Gue yang sudah terbiasa berinteraksi dengan mereka setiap hati, tiba-tiba harus menerima kenyataan bahwa kami dipisahkan.
Perpisahan seperti ini sih pastinya bukan yang pertama buat gue. Sering banget malah. Salah satu contoh lainnya, yang sampai sekarang menjadi paling berpengaruh dalam hidup gue, saat berpisah dengan sahabat gue.
Namanya Balgo. Dia tercatat di dalam buku kehidupan gue sebagai salah satu sahabat terbaik yang pernah ada. Tuhan hanya mengizinkan gue dengan dia bersahabat setahun lebih, dimulai pas gue kelas 2 SMA.
Kami dulu 1 gereja dan sebenernya udah tau dia dari gue SMP, tapi malah deketnya pas kelas 2 SMA. Physically, he’s dreadfully handsome. Dengan tampang dan postur badannya itu, Balgo sukses kerap dipuja cewek-cewek. Lucunya, gue malah ga tertarik sama dia. Seorang Theresia Ruth Simanjuntak yang memuja fisik kaum pria tidak kepincut sama dia :D tapi kemudian gue tau kenapa gue ga kepincut dia. Salah satu alesannya adalah karena dia fans berat Inter Milan!! :D
Tapi, bagi gue, hubungan kami spesial, lebih berarti dari love relationship. Dan gue bersyukur tidak pernah ada lope lopean terjadi di antara kami. We’re truly bestfriend.
Balgo hadir di hidup gue sebagai sahabat tepat di saat gue memang membutuhkan seseorang buat bersandar, mendukung gue yang saat itu masih labil karena perceraian orangtua gue.   Aneh aja, gue yang anti nangis di depan orang, even di depan keluarga gue sendiri, tapi keseringan nangis kalo sama dia. Di saat gue lagi nyembunyiin perasaan sedih, dia akan tau, terus bilang,  “Tere kenapa? Mau pinjem bahu gue?” Kalo udah kayak gitu, ending-nya jadi ada 2: kalo ga gue tabok dia karena dia ngikutin salah satu adegan Meteor Garden (San Chai nangis di bahu Hua Zhe Lai) , pasti ya beneran nangis di pelukan dia.
Kehadiran Balgo saat itu bikin gue jadi sosok yang manja, ke dia doang manjanya :D Tiap malam minggu kami ada latihan paduan suara di gereja, dari jam 8 malam sampai jam 11-an. Gereja gue padahal deket dari rumah dan gue udah terbiasa pulang sendiri. Tapi dia selalu nganter gue sampai ke rumah, mau itu jalan kaki atau diboncengin motor. Satu kali pernah gue manja bener ke dia. Ceritanya, sore itu gue mau main ke rumah temen gue (temen dia juga), tapi gue males naik angkot. Eh, gue nelpon Balgo minta dianterin. Balgo bilang, “gue baru kelar main bola nih. Belum mandi, masih bau keringet.” Gue jawab, “gapapa. Yang penting anterin.” Oceh gue manja gila. Dan datanglah dia. Dan bener, masih keringetan. Pas ketiup angin, kecium bau keringetnya, gue protes becanda, “huwaa bauuuu..!” Dia jawab, “sukurin, selamat menikmati.” *senyum mengenang*
Kedekatan kami berdua sempet bikin gosip diantara temen-temen gereja bahwa kami pacaran, yang kami tanggepin santai aja. Malah sering sengaja saling gandengan di depan mereka supaya dapet sambutan “ciyeeee” dari mereka. Pernah satu kali yang bikin temen-temen ber-ciyeehh kelewat parah. Saat itu perayaan Natal. Gue, yang saat itu dapet peran utama di drama Natal, berpakaian gaun pendek seksi tapi masih terbilang sopan. Ketika udah selesai, itu udah jam 10 malem, dan ditambah AC gereja, maka kedinginan lah gue. Balgo, yang saat itu kadar gantengnya meningkat sekian persen gara-gara make jas, nyadar kalo gue kedinginan. Bak adegan pelem, dilepaslah jas dia terus dipakein ke gue :D
Banyak banget kenangan gue sama dia, walaupun cuma singkat. Pasti banyak yang ngira gue sama dia ada crush, tapi beneran deh kaga. Gue sayang banget sama dia, dan gue yakin dia juga, tapi cuma sebagai sahabat. Kenapa gue yakin? Karena gue ga pernah cemburu kalo dia deket sama cewek lain, kalo dia cerita lagi suka sama siapa. Gue ga pernah cemburu. Balgo ga pernah bikin gue mikirin dia tiap saat, sebagaimana kalo gue jatuh cinta dengan seseorang. Sebaliknya Balgo juga begitu. Dia bukan tipe yang malu buat nembak cewek. Kalo dia memang suka sama gue, pasti dia bakalan nembak. Jadi, beneran ga ada bumbu-bumbu percintaan disini.
Dan Semesta akhirnya memutuskan bahwa setahun lebih itu udah cukup. Semesta menggariskan langkah hidup gue selanjutnya, yaitu gue harus pindah ke Medan, setelah gue lulus SMA. Dua minggu sebelum gue pergi, dia berubah, menjauhi gue. Ga ngomongan sampai gue pergi. Walhasil, 3 hari pertama gue menjejakkan kaki di Medan, gue menangisi dia, nyadar kalo gue kehilangan dia. Dan memang benar, bahkan sms pun tidak. Memang sih setahun kemudian gue liburan ke Jakarta. Pas ketemu dia, gue, dan surprised, dia sama-sama sumringah. Dia meluk gue erat banget, tepat saat gue ngomong, “Kangen banget, Go, kangen banget.” But, that’s all. Saat gue kembali ke Medan, gue bener-bener kehilangan dia.
Rasa kehilangan dia itu seperti orang lumpuh yang kehilangan tongkatnya. Gue sempet down banget. Gue berusaha mencari sosok dia di orang-orang baru di Medan, tapi gue ga nemu seorang pun. Gue kehilangan seseorang yang selalu siap dukung gue, tanpa perlu gue minta, dia akan datang sendiri.
Sampai sekarang, Tuhan masih mengizinkan gue mengalami proses: bertemu-adaptasi-nyaman-kehilangan. Gue bertemu orang-orang, bahkan diantaranya menjadi teman dekat dan sahabat, kemudian harus berpisah lagi Dan perasaan sedih itu selalu ada, seperti contohnya temen kost gue di Medan, Kak Tethy, yang seharian nangis di kamarnya pas tau gue besok hari akan kembali ke Jakarta pertengahan tahun lalu. Well, that’s life; there’s always a beginning and an ending.
Namun, ketika gue melepas kesedihan tersebut dan memilih move on, gue melihat karya Tuhan terjadi disitu. Suatu kejadian bukan terjadi tanpa alasan. Tuhan mengizinkan gue berpisah dari Balgo supaya gue bisa betemu orang-orang baru dan belajar sesuatu dari mereka. Maka bertemulah gue dengan temen-temen kampus, IndoManUtd, temen-temen kost, temen-temen gereja My Home, sampai ke temen-temen kantor. Gue belajar dari mereka bagaimana menjadi orang yang lebih baik, lebih kuat dan tangguh. Belajar mencintai, belajar memiliki, belajar menjadi pribadi yang positif. Semoga gue sudah mencapai itu.
Pulang dinner, gue gandeng tangan Agung sambil mengguman, “Lo keluar, ga ada lagi nih yang bisa gue manjain.” Setengah serius setengah becanda gue ngomong gitu. Perasaan yang sejujurnya adalah ungkapan terima kasih gue ke Agung karena menjadi salah satu orang bisa gue ambil pelajaran hidupnya. Dan kemudian, gue harus selalu mempersiapkan diri ketika perpisahan kembali datang, maka gue cukup membuka mata dan hati gue lebar-lebar, menyambut orang-orang baru yang hebat dan belajar tentang hidup lagi dari mereka.
PS: for Balgo, wherever you are now, I hope you read this. I miss you so much, Boy… *peluk*
PSS: Saat ini menit ke-75, Man United gue unggul 1-0 *penting* :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar