Rabu, 07 Desember 2011

Menghargai


 Lagi ga pinter bikin judul. make it simple: menghargai.
Pernah ga denger hal ini: apa yang elo ga hargain, itu akan hilang sendirinya tanpa lo sadari.
Belakangan ini gue berpikir tentang hal ini, salah 1 alasannya karena gue lagi galau sama pekerjaan gue yang gue rasa terlalu menekan tapi tidak seimbang dengan apa yang gue dapet. U know what I mean..
Tapi, Minggu (4/12) yang lalu, di gereja gue tersadar oleh khotbah pendeta untuk selalu menghargai segala hal yang terjadi dalam hidup gue, karena itu semua terjadi bukan tanpa alasan. Gue berhasil bekerja di tempat gue sekarang dengan status fresh graduated, hanya menyandang status pengangguran selama 2 bulan. Sementara di luaran sana masih banyak sarjana-sarjana yang susah banget dapat kerja. Betapa baiknya Tuhan sama gue, tapi gue masih ngedumel, pengen dapat kerja lebih baik padahal status karyawati ini baru jalan 6 bulan. I learnt already. Sekarang gue berusaha untuk menghargai pekerjaan gue, takut ilang bow!
Kembali ke rumus: tidak menghargai = hilang. Ini berlaku untuk segala hal sih. Pertanyaan-pertanyaan gue muncul di otak. Banyak anak-anak sekarang yang narkoba atau terjerumus dalam hal-hal buruk tanpa pengawasan ortu karena sibuk kerja. Lebih penting anak atau kerjaan? Memang, untuk nyekolahin anak butuh biaya yang berarti ortu harus kerja. Tapi emang anak itu cuma butuh uang ya? Dikasih uang, selesai perkara. Kalo kata Black Eyed Peas, Where is the LOVE? Kalo ada ortu model gitu, pantes anaknya “hilang” terjerumus dalam hal buruk.
Bagi yang sudah punya keluarga kecil (papa-mama-anak), seberapa seringnya merasa bersyukur memiliki mereka dalam hidup kamu? Pernah berpikir ga udah seberapa besar kebahagiaan yang kamu kasih? Coba diukur hal sepele aja, yang gampang diliat, materi. Istri kamu bajunya udah kucel, anak kamu jarang kamu ajak liburan bareng istri, tapi kamu bisa punya iPad. Weirdo? Nanti kalo ampe istri & anak berkomplot cari “papa” lain yang lebih care, bingung loh ntar :D
Gue paling demen nyinggung soal perceraian. As a victim of divorce, gue selalu bertanya-tanya kenapa ya perceraian itu harus ada? Sebegitu kecilkah arti pernikahan, sampai-sampai masih ada yang mau selingkuh padahal udah punya pasangan sah. Ternyata, ya itu, tidak saling menghargai. Ada suami yang istrinya udah tau perselingkuhan dia, masih aja cuek bebek selingkuhin istrinya karena ngerasa itu istri gue, ya bodo amat. Emang berani dia minta cerai. See? Kalo tiba-tiba istrinya berani minta cerai, gimane? Ga nyahok tuh orang? Segitu rendahnya dia menghargai istrinya. Atau, seorang istri dengan cueknya ngabisin duit suami tanpa mikir capeknya suami nyari duit. Eh, Bu. Itu juga selingkuh loh, selingkuh ama duit. Duit benda mati lagi. Bused dah. Duit lebih berharga dari suami ye.
Kalo yang demen selingkuh begini, jangan pernah kaget & nangis meraung-raung saat pasangan lo hilang dari lo! Karena apa? Karena lo ga hargain pasangan lo sama sekali!
Kayaknya udah terlalu panjang. Tapi ini bener-bener buat gue berpikir hal-hal yang gue miliki sekarang. Ortu, adek, sahabat-sahabat, pekerjaan, kesehatan, dan sebagainya. Tidak ada yang abadi, memang, asal hal itu semua memang “diambil” karena kematian. Tapi, kalo hilang karena diri sendiri, ga salah lo bertanya: apa gue udah menghargai yg gue miliki?
Akhir dari post gue kali ini, gue berterimakasih untuk semua yang gue kenal, yang sayang ataupun benci gue. Terima kasih karena hadir di hidup gue. Kalian membuat hidup gue berarti & gue ingin menghargai kalian lebih lagi karena gue ga mau kehilangan kalian  :)
*much love for IndoManUtd. How blessed I am to know u, guys…  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar