Jumat, 04 Mei 2012

Ketika Aku Masih Imut-Imut


BREAKING NEWS!! Beberapa orang di tempat yang berbeda, mengalami muntah yang hebat di tepat di depan komputer, laptop, blackberry, iPad, Android, dan lainnya setelah membaca judul di atas.
Hihihihi…
Selamat datang kembali ke #ngeblogramerame #7. Temanya kali ini adalah kenangan masa sekolah. So, jangan complain dengan judul itu, wong emang dulu gue imut kok :p
Gue bingung mau nyeritain yang mana, kenangannya banyak sih. Bakalan panjang banget dah nih.
Oke, mau certain sekilas pas gue masih TK. Karena mulai masa itulah gue pernah candu akan satu hal: disayangin guru. Hihihi…
Sejak TK, secara akademik gue pinter. Sombongnya, yang namanya 5 besar buat gue itu sama kayak orang lagi ngupil. Gampang. Perumpamaannya gak enak banget ya? :p
Karena gue pinter, jadi guru-guru suka tutup mata sama tingkah gue. Kagak kok, gue gak bandel. Atau belum bandel. Cuma pas TK, gue sering terlambat sekolah karena: gak bisa ngancingin seragam!
Mama dulu tuh keukeuh banget nyuruh gue make baju sendiri. Walau gue udah ngeluarin senjata pamungkas, seperti ngambek dan nangis, tetep nyuruh gue belajar. Kalo udah hampir telat dan belom kelar juga ngancingin baju, baru deh pembantu gue beraksi. I was a spoiled rich lil girl. Harap maklum. Hehehe..
Sambil jalan aja ya certain tentang ‘disayang guru’ ini. Karena ada hal lain yang selalu ada selama gue sekolah: sahabat cowok.
Di TK gue, namanya TK Burung Pipit, gue sempet punya temen namanya Michael. Yang unik dari dia, rambutnya ada buntut gitu kayak Michael Jackson. Gue rasa ortunya ngefans berat ama Jacko. Gue lupa apa yang membuat gue deket sama dia. Yang jelas, satu-satunya temen TK yang namanya gue inget cuma dia.
Pas SD, gue tiga kali pindah sekolah. SD pertama gue di SD St. Bellarminus Bekasi. Saat itu, gue punya sahabat sekaligus tetangga. Namanya ampe sekarang masih inget: Alexander Andrew Mailoor. Dia partner in crime gue abis. Tiap pulang sekolah, gue pasti main ke rumah dia, main SEGA. Game favorit kami Street Fighter. Dia jago banget mainnya, ampe pelit banget ngasih gue kode di stick buat ngeluarin ilmu-ilmu. Hihihhi.. Kami juga sering berantem. Berantemnya itu alasan sederhana banget: cari perhatian guru. Kalau salah satu dari kami udah dipuji guru dan yang lainnya enggak, udah deh perang mulut atau diem-dieman. Bayangin aja, setiap hari gue berangkat bareng dia ke sekolah dianterin supir dia, terus situasinya kami lagi berantem. Seru dah :D
Di Bellarminus, karena prestasi gue, pas kelas dua gue dapet beasiswa setahun. Sayangnya, di kelas tiga gue gak dapet ranking. Tepat pulak keluarga gue bangkrut. Walhasil, gue pun pindah ke sekolah negeri.
Kenapa mendadak kangen Andrew begini?
SD kedua gue, SDN 18 Duren Sawit Jakarta Timur. Gak banyak kenangan yang gue inget, selain gue dapet ranking 1 (lagi), karena gue hanya setahun disana. Bokap dapat bisnis di Medan, mau gak mau gue ikutan pindah.
Di SD ketiga gue, pas awal kelas 4, gue mengalami culture shock. Bandel-bandel banget disini, SDN 73. Tapi, akhirnya gue cepet dapat temen dan cepet disayang guru karena, sekali lagi, gue pinter. Dan mungkin karena zaman gue anak-anaknya cepet akil baliq, pemegang ranking satu sebelumnya, namanya Reza, naksir gue. Dia nembak. Pacaran deh gue. Hwahahahaha…
Tapi pacarannya cuma seminggu doank. Doi kecil-kecil playboy cuy. Hwahahaha…
Gak sih, lebih tepatnya lebih enak sahabatan. Selain Reza, gue sahabatan sama Ichsan dan Dicky. Dua nama ini preman abis, doyan berantem, terutama Dicky. Kalau ada anak sekolah lain yang ganggu gue, tinggal ngadu sama Dicky, diajak berantem deh. Hihihi…
Di SD ini tingkat menjadi anak kesayangan guru parah habis, bahkan kepala sekolah ikut-ikutan karena gue sering bawa nama harum sekolah, misalnya juara cerdas cermat. Tingkat kecil-kecilan aja kok. Hehehe…
Ada satu guru lagi, namanya Pak Rajagukguk. Dia guru olahraga dan sayang banget sama gue. Karena di bidang ini gue sering diikutin lomba, terutama renang dan senam. Bapak ini pernah coba-coba ngikutin gue ke lomba atletik dan langsung kalah. Abis itu, doi kapok ngikutsertain gue di atletik. Hihihi… Tapi di dua cabang olahraga lain, enggak. Di otak gue masih terpatri senyuman dia tiap ada guru-guru sekolah lain yang Tanya dan puji gue.
Apa kabar Pak Rajagukguk? J
Tingkat rasa sayang guru emang kelewatan banget. Pernah, suatu kali ada demo besar-besaran supir angkot selama 3 hari di Medan. Gue adalah satu-satunya murid yang tinggal paling jauh. Mengingat rencana demo sudah diberitakan sebelumnya, gue udah ancang-ancang ke sekolah jalan kaki. Masuk jam setengah delapan, gue berangkat jam 6 kalo gak salah. Itupun masih terlambat. Ada beberapa anak yang datangnya terlambat juga, tapi rumah mereka deket. Pas kepala sekolah tau gue terlambat, gue langsung disuruh masuk kelas. Yang lain? Dihukum. Hehehe…
Di hari yang sama, sebelum jam pulang sekolah, kelas gue (saat itu gue udah kelas 6), dihukum guru karena berisik banget. Kami dihukum telat pulang setengah jam. Selama dihukum, gak boleh keluarin suara sedikitpun. Tiba-tiba, Pak Rajagukguk datang ke kelas gue, bilang ke wali kelas kalo gue disuruh pulang bareng dia mengingat angkot kaga ada. Sekelas pada protes.
Ada lagi contoh lain. Pas kelas 5, wali kelas gue bikin daftar piket kelas. Nama gue gak tercantum. Pas dikomplain ama temen-temen, katanya gue gak usah piket.
Sumpah, gak adil banget. Tapi enjoy :p
Gue sempet ‘kehilangan’ disayangin guru pas SMP kelas 1. Gue sekolah di SMP Markus dan langsung dapat kelas orang-orang pinter. Guru-guru berharap lebih sama kami, gak ada yang dispesialin. Tapi, seiring berjalannya waktu, guru matematika menaruh perhatian lebih sama gue karena gue pinter disitu. Sebenernya bukan gue yang pinter, bapaknya emang jago ngajar. Di akhir caturwulan pertama, gue dinobatkan sebagai peringkat tertinggi dari 3 kelas. Gue dapat beasiswa. Tapi, sayang gak diambil karena keluarga gue balik lagi Jakarta.
Di sekolah baru, SMP Budaya, dengan cepat gue kembali disayang guru :D disini juga gue untuk pertama kalinya mengerti arti persahabatan. Disini gue mengenal gank-gank ga penting yang isinya cewe cantik nan pinter. Gue sempet diajak gabung, tapi gue nolak.
Kembali, gue deket sama para cowok, padahal cowok-cowok disini bengalnya ampun deh. Ada dua sahabat gue saat itu, Gafur dan Deden. Yang pertama bandel preman, yang satu baik banget. Keterikatan antara kami: pencinta klub Italia. Gafur fans Milan (dan Madrid), Deden fan AS Roma. Saya? Juventus donk ahh…
Pas di kelas 1 caturwulan kedua, Gafur itu sosok paling menyebalkan semuka bumi. Demen nyari berantem, godain cewe, wah bandel banget. Gue males banget liat dia pokoknya, sementara gue udah temenan sama Deden.
Masuk ke kelas dua, gue sebel harus sekelas lagi sama Gafur, tapi untung ada Deden. Tapi, lucunya, di kelas dua itulah gue sama Gafur deket. Berawal dari gue sama Deden main tebak-tebakan nama klub bola dari huruf A sampai Z. Eh, si Gafur denger. Dia nimbrung. Sejak itu tak terpisahkan, ada aja yang diomongin, terutama bola. Gafur pun berubah. Nakalnya berkurang, tapi tetep genit sama cewek. Hanya gue yang gak dibandelin dan dijaga.
Pas kelas 3, gue denger dari sahabat gue sampai sekarang, Melly, kalo dua-duanya suka sama gue, tapi milih jadi sahabat gue aja karena prinsip gue yang udah mereka tau: pantang pacaran ama sahabat.
Padahal, mereka sampai saat ini gak tau aja, gue pas kelas 3 naksir ama si Gafur. Hwahahaha… woy, Gafur. Gue pernah naksir ama elu. Naksir doank ya, ga pake suka apalagi cinta :p *selftoyor*
Well, gue sayang sama mereka, karena memang mereka baik banget, dengan ciri khas mereka masing-masing dalam ngasih perhatian sama gue. Misal, Deden. Tiap hari bisa nelpon gue. Dan paling cepet setengah jam!
Tepatnya seperti ini, sama Deden gue bisa manja, sama Gafur gue bisa bandel iseng gitu.
Ini udah kepanjangan kayaknya, tapi masih banyak euy. Hehehe…
Suatu kali, ada anak baru di kelas 3, namanya Vivin. Secara kilat, gue deket sama dia. Dan secara kilat juga, dia suka sama Gafur. Dia tau, bahwa satu-satunya cewek yang deket ama Gafur adalah gue.
Suatu waktu, pas gue lagi ngapus papan tulis, datanglah Vivin. Dia mohon sama gue, supaya gue jauhin Gafur karena dia pengen nembak sohib gue itu. Dalam hati, yee siape elu. Masih anak baru juga. Tapi, akhirnya gue iyain aja. Cara gue jauhin Gafur, gampang. Pancing dia marah. Selesai. Gue disuruh guru fisika untuk nulis beberapa bahasan di papan tulis. Gue sengaja nulis cepet, terus gue hapus. Terus-terusan kayak gitu, karena si Gafur emang males nulis. Pas banget, dia marah. Dari tempat duduknya, dia ngelempar pulpen ke papan tulis pas guru lagi gak ada. Yang dia gak tau, gue nulis sambil nangis. Karena saat itu gue sadar akan kehilangan sohib.
Mulai dari situ, dia diemin gue. Besoknya, dia jadian ama Vivin. Bukannya gue yang sebel, tapi malah Melly karena Melly lihat dan tau sendiri apa yang Vivin minta ke gue. Melly sempet pengen bilang yang sebenernya ke Gafur, tapi gue jawab: Biarin aja. Selama sebulan, dia gak mau ngomong sama gue. Sampai akhirnya, dia ngeliat gue nangis sama temen sebangku, Dinda, karena lagi kangen nyokap.  Dua hari berturut-turut gue mimpiin nyokap. Temen-temen sekelas memang pada tau ortu gue cerai karena di hari perceraian itu, gue nangis sejadi-jadinya di pojokkan kelas dan sekelas kompakan kasih alesan ke guru kalau gue sakit. Mereka juga tau gue tinggal ama bokap.
Siangnya, pas pulang sekolah, Gafur nyamperin gue, nganterin gue pulang.
Gak berapa lama, dia ama Vivin putus. Gak tau alasannya kenapa. Nah, lupa kapan pastinya, si Melly certain dah kisah itu. Langsung, Gafur datang ke meja gue. Pembicaraannya masih gue inget ampe sekarang.
Gafur   : Heh! Siapa suruh lo ngelakuin kayak gitu?
Gue     : Apaan? (masih ga ngeh)
Gafur   : Si Vivin. Ngapain juga lo pake mau segala?
Gue     : (mengkerut di tempat, lagi galak sih) Oh itu. Ya udah, kan udah lewat juga.
Gafur   : Inget ya. Sekali lagi lo ngelakuin kayak gini, awas lo! Gue lebih baik gak punya pacar daripada kehilangan lo…
Gue     : ………
Lagi mikir… hidup gue kayak sinetron begini..
Well, sampai sekarang gue masih berhubungan sesekali sama Deden. Tapi Gafur gak. Dan lucunya, gak ada satupun temen SMP gue yang tau dia dimana sekarang.
People come and go…
Masuk ke SMA, gue banyak belajar hal. Perubahan banyak terjadi, seiring perubahan yang terjadi keluarga. Gue bukan lagi si ranking 1, lebih menjadi kuda hitam. Untuk pertama kalinya, gue beberapa kali diomelin sampai dihukum guru. Untuk pertama kalinya gue ngerasain dijauhin temen-temen.
Untuk pertama kalinya, gue bisa melihat mana pertemanan yang tulus mana yang enggak.
Untuk pertama kalinya menyadari hidup itu bukan terima enaknya saja, tapi juga butuh perjuangan.
Dan, saya bangga menjadi bagian SMAN 103…
Tulisan ini saya dedikasikan kepada semua orang yang saya kenal dalam rentang waktu tersebut. Untuk para guru, teman-teman, semuanya… terima kasih banyak…

1 komentar:

  1. Gw sih kaga muntah... cuman bobal toilet... tiba2 muless soalnya... wkwkwkwkwk *kaburr

    BalasHapus